Kode Umum Status HTTP

Kode Umum Status HTTPKode Umum Status HTTP, Internet terdiri dari lebih dari 1 miliar situs web. Jika pengguna internet ingin membuka situs web, seperti beranda tim favorit mereka, bank mereka, atau kotak masuk email mereka di browser web mereka, mereka memerlukan alamat internet terlebih dahulu.

Hal Ini menempatkan situs web yang diinginkan pada server jaringan yang relevan. Transfer data yang diminta pada komputer lokal terjadi berkat HTTP Hypertext Transfer Protocol. Browser (dalam hal ini disebut sebagai ‘klien’) meminta server web menjawab dengan kode status HTTP yang terdiri dari tiga angka.

Server web kemudian menginformasikan browser apakah permintaan berhasil, apakah ada kesalahan atau apakah diperlukan otentikasi. Oleh karena itu, kode status HTTP merupakan bagian penting dari respons yang dikirimkan server web dan server menyertakannya secara otomatis di judul setiap jawaban HTTP.

Kode Umum Status HTTPS

Pengguna internet biasanya hanya melihat kode status HTTP dalam bentuk halaman HTML yang dibuat secara otomatis jika server web tidak dapat melakukan permintaan klien atau tidak dapat mentransfer informasi situs web apa pun.

Baca juga artikel kami lainnya tentang Web Zaman Revolusi Industri

Kelas kode status HTTP

Kode status HTTP umumnya dibagi menjadi lima kelas yang berbeda. Digit pertama dari kode tiga digit menunjukkan kelas mana yang termasuk. Oleh karena itu, Kode Umum Status HTTP 200 termasuk dalam kelas 2xx dan kode 404 ke dalam kelas 4xx. Klasifikasi ini diputuskan berdasarkan signifikansi dan fungsi kode status. Kelas yang berbeda adalah:

  • Kelas 1xx – Informasi: Jika kode status HTTP 1xx ditransmisikan, server menginformasikan klien bahwa permintaan sedang berjalan. Untuk Kelas ini menggabungkan kode yang bertanggung jawab untuk memberikan informasi kepada klien selama permintaan.
  • Kelas 2xx – Sukses: Kode 2xx mengumumkan operasi yang berhasil. Jika kode ini ditransmisikan, berarti permintaan klien telah diterima oleh server, dipahami, dan diterima. Kode 2xx sering dikirim bersamaan dengan informasi situs web yang diinginkan, dan pengguna sering kali hanya memperhatikan situs web yang mereka minta.
  • Kelas 3xx – Pengalihan: Kode 3xx menunjukkan bahwa permintaan server telah diterima. Untuk memastikan permintaan berhasil diproses, diperlukan langkah lebih lanjut dari pengiriman klien. Kode 3xx muncul selama pengalihan dan penerusan.
  • Kelas 4xx – Kesalahan klien: Jika kode 4xx muncul maka telah terjadi kesalahan klien. Server telah menerima permintaan, tetapi tidak dapat melakukannya. Alasan di balik ini biasanya adalah permintaan yang salah. Pengguna internet akan mengetahui kesalahan ini dengan menerima halaman HTML yang dibuat secara otomatis.
  • Kelas 5xx – Kesalahan server: Kode 5xx ditampilkan saat server gagal melakukan permintaan. Kode Umum Status HTTP kesalahan server ini melaporkan bahwa permintaan tidak dapat dilakukan saat ini atau tidak memungkinkan sama sekali, yang kemudian mengarah ke halaman kesalahan HTML.

Sekilas tentang pentingnya kode status HTTP

Kode status HTTP memainkan peran penting bagi pemilik situs web atau spesialis SEO. Kode kesalahan klien, seperti 404 (Tidak Ditemukan) atau kesalahan server seperti 503 (Layanan Tidak Tersedia) dapat dilihat oleh pengunjung situs web karena ini ditampilkan di browser web sebagai halaman HTML yang dibuat secara otomatis.

Ada banyak kode HTTP yang tidak terlihat pada pandangan pertama dan hanya dapat dikontrol oleh administrator menggunakan alat khusus dan ekstensi browser. Menemukan kesalahan dan memperbaikinya disarankan agar pengalaman pengguna dan peringkat mesin pencari dioptimalkan.

Kode respons yang paling umum ditunjukkan di bawah ini. User akan menemukan daftar lengkapnya di Wikipedia.

Kode status 200 – OK

Kode Umum Status HTTP 200 menunjukkan bahwa permintaan berhasil dilakukan. Semua data yang diminta terletak di server web dan ditransfer ke klien. Pengguna internet biasanya tidak melihat kode ini.

Kode status 301 – Dipindahkan Secara Permanen

Kode 301 berarti bahwa data yang diminta dari klien tidak dapat ditemukan di bawah alamat yang diberikan karena telah dipindahkan secara permanen. Karena lokasi konten yang diminta saat ini dikirimkan dalam laporan status, browser dapat langsung meminta alamat baru. Pengguna kemudian diteruskan ke alamat baru dan alamat lama tidak berlaku lagi. Kode 301 juga tidak diperhatikan karena URL di bilah alamat hanya berubah.

Kode status 302 – Dipindahkan Sementara

Tidak seperti kode 301, yang merupakan pengalihan permanen, 302 memberi tahu pengguna bahwa data yang diminta telah dipindahkan untuk sementara. Dengan kode 302, informasi yang tersisa ditentukan sehingga pengalihan otomatis dapat dilakukan. Alamat lama tetap valid.

Kode status 403 – Terlarang

Kode status HTTP 403 memberi tahu klien bahwa data yang diminta dilindungi akses dan bahwa permintaan tidak dapat dilakukan karena klien tidak memiliki otoritas. Halaman HTML yang dibuat secara otomatis akan memberi tahu pengguna tentang masalah akses.

Kode status 404 – Tidak Ditemukan

Jika server mengirimkan pesan 404 berarti informasi situs web yang diminta tidak ditemukan di server. Bisa jadi alamat tersebut sudah tidak ada lagi atau isinya dipindahkan ke alamat baru tanpa pemberitahuan. Pengguna yang menerima pesan 404 harus memeriksa apakah alamat ditulis dengan benar di bilah alamat. Tautan apa pun ke halaman yang tidak ada dikenal sebagai ‘tautan mati’.

Kode status 500 – Kesalahan Server Internal

Respons server 500 berfungsi sebagai kumpulan kode status untuk kesalahan server yang tidak terduga. Jika terjadi kesalahan pada bagian server, yang mencegah data yang diminta diambil, kode status HTTP ini akan dikeluarkan secara otomatis. Selain mengirimkan jawaban ke klien, server web juga membuat laporan kesalahan internal. Hal ini harus dianalisa oleh pemilik website agar dapat dilakukan perbaikan pada software server.

Kode status 503 – Layanan Tidak Tersedia

Jika pengguna menerima kode 503, itu berarti server web yang relevan, yang seharusnya mengirimkan informasi yang diminta, kelebihan beban. Respons server terkadang berisi informasi tentang kapan permintaan dapat diproses paling cepat. Pengguna internet dapat menganggap bahwa administrator sedang mengerjakan masalah dan server akan

Bagaimana pemilik situs web menghindari kode status HTTP?

Untuk menawarkan pengunjung situs web pengalaman pengguna yang optimal, administrator harus bekerja untuk menjaga halaman kesalahan HTML yang dihasilkan secara otomatis seminimal mungkin. Ini terutama berlaku untuk situs web dengan kehadiran web besar seperti toko online atau portal berita yang memiliki rentang produk atau informasi yang sangat berfluktuasi.

Seorang pengunjung menerima pesan status 404 (Tidak Ditemukan) ketika halaman web tidak ada lagi. Bagi banyak pengguna, ini adalah alasan untuk keluar dari situs dan mencari informasi atau produk yang diinginkan di tempat lain, yang dapat berakhir di situs pesaing. Oleh karena itu, penting bagi pemilik situs web untuk melakukan segala kemungkinan agar pengunjung tetap berada di situs web mereka dan juga mengidentifikasi 404 kesalahan di situs web.

Alat webmaster Google dapat membuat statistik kesalahan perayapan untuk tujuan ini. Kode Umum Status HTTP 404 dapat dihindari dengan mengarahkan pengguna ke lokasi yang relevan. Tingkat bouncing kembali pengunjung dapat dikurangi melalui halaman kesalahan yang dibuat secara manual.

Mengarahkan 404 halaman kesalahan ke opsi alternatif menggunakan kode 301

Jika kesalahan 404 terjadi karena halaman yang dihapus, User dapat mengarahkan pengguna ke konten serupa menggunakan kode status 301 (Dipindahkan Secara Permanen). Jika pengunjung tidak menemukan produk atau informasi yang mereka minta, konten alternatif akan mendorong mereka untuk tinggal lebih lama.

Yang penting di sini adalah bahwa alamat alternatif terkait dengan permintaan asli dan menawarkan nilai kepada pengunjung. Secara teoritis 404 halaman secara otomatis dialihkan oleh Kode Umum Status HTTP 301 ke alamat alternatif seperti halaman awal. Jika User secara manual mencari halaman arahan pengalihan yang sesuai, User akan lebih efektif dalam menghentikan pengunjung dari melompat kapal.