Jalan keluar Shopping Cart

Jalan keluar Shopping Cart

Untuk Anda yang ingin membuat bisnis toko secara online, ada beberapa jalan keluar shopping cart yang dapat Anda gunakan dengan mudah.

Diantaranya ialah OpenCart. Shopping cart yang ini sering dipakai di penjuru dunia karena sederhana untuk dipakai. Di artikel ini, kami akan mengulas lebih dalam mengenai OpenCart.

OpenCart  Jalan keluar Shopping Cart Untuk Toko Online

OpenCart ialah sebuah jalan keluar shopping cart open source yang dapat dipakai secara gratis di bawah license GNU GPL. Bila Anda memerlukan source kode untuk OpenCart, Anda dapat mendapatinya di GitHub. Anda dapat download source codenya dengan gratis dan Anda dapat membuat toko online Anda sendiri.

Baca Juga: Langkah Cari Expired Domain

Proyek mekanisme shopping cart berbasiskan Perl ini sendiri dibikin di tahun 1998 oleh Christopher G. Mann. Tapi sayang, OpenCart sempat pernah disetop di tahun 2000. Pada tahun 2009, nama OpenCart selanjutnya dipakai oleh Daniel Kerr untuk mekanisme shopping cart open source kepunyaannya yang dibuat dengan memakai PHP. Sampai pada February 2008, OpenCart telah mempunyai tiga versus berlainan.

Feature-Fitur OpenCart

Untuk Anda yang ingin membuat toko online dengan OpenCart, Anda dapat memakai sejumlah fitur dari OpenCart untuk bikin toko online yang betul-betul bagus. Berikut ialah beberapa feature OpenCart yang dapat jadi alasan Anda untuk pilih jalan keluar shopping cart yang ini.

Pengelolaan Daftar Produk

Dengan OpenCart, Anda dapat mempublish product dan mengendalikan mereka sesuai kelompoknya. Dengan OpenCart, pemilik toko dapat memakai lebih dari 50 sektor produk yang sudah ditetapkan seperti nama, deskripsi produk, harga, serta analisis produk unik seperti SKU atau UPC, dimensi, opsi, atribut, dan lain-lain.

Untuk mempermudah konsumen Anda mendapati produk yang mereka harapkan, mereka mempunyai mekanisme filter. Anda bisa juga jual produk digital seperti software, music, atau ebooks lewat toko OpenCart Anda dengan mengunggah file dan meng-attachnya ke produk individu.

Proses Pembayaran dan Pengangkutan Barang

OpenCart mempunyai lebih dari 50 plugin pembayaran yang lain dan beberapa puluh extension untuk shipping atau pengangkutan. Disamping itu, Anda bisa juga memakai plugin pembayaran dan shipping dari developer faksi ke-3 .

Secara standar, OpenCart membolehkan Anda memakai payment gateway seperti PayPal, Amazon Payments, dan ada banyak kembali. Disamping itu, mereka tawarkan sistem pembayaran lewat transfer bank dan kontan on delivery (COD).

Untuk pengangkutan barang, mereka memadukan gateway pengangkutan barang seperti FedEx, UPS, dan ada banyak kembali. Hingga saat ini, OpenCart Marketplace tawarkan lebih dari 600 plugin pengangkutan barang dan lebih dari 1000 extension pembayaran.

Menerima Order dan Mengendalikan Konsumen

Sesudah Anda membuat daftar produk dan mengonfigurasikan pembayaran dan pengangkutan, Anda dapat mengawali terima order. OpenCart tawarkan management order dan konsumen.

Anda dapat terima, mengolah, dan melakukan modifikasi order, keluarkan invoice, dan cetak slip packing. Disamping itu, Anda dapat menyaksikan dan melakukan modifikasi account konsumen, mengategorikan konsumen, dan menyaksikan riwayat berbelanja mereka.

Sesudah Anda membuat order di toko yang dibikin dengan OpenCart, konsumen dapat tinggalkan ulasan mengenai produk Anda. Ulasan ini selanjutnya di-display di halaman produk.

Mengadakan Promo dan Potongan harga

Bila Anda melangsungkan promo, OpenCart tawarkan beberapa opsi untuk melakukan. Anda dapat mengendalikan harga special untuk tiap produk dan periode promo-nya. Disamping itu, Anda bisa juga mengendalikan harga untuk produk dalam skala besar.

Jika Anda ingin tawarkan potongan harga ke konsumen, Anda dapat membuat coupon code potongan harga dengan OpenCart, mengirimnya lewat newsletter ke konsumen dan trek performa campaign lewat pemasaran campaign treking OpenCart.

Membuat Laporan dan Menyaksikan Analytics

Jika Anda memakai OpenCart, Anda dapat memakai OpenCart untuk bikin laporan dan menyaksikan analytics. Beberapa jenis laporan yang dapat mereka bikin sebagai berikut ini:

  • Sales Reports (Laporan Penjualan)
  • Product Report (Laporan Produk)
  • Customer Report (Laporan Customer)
  • Marketing Report (Laporan Pemasaran)

Meskipun OpenCart tidak mempunyai mekanisme riset built-in didalamnya, Anda dapat memakai treking kode dari Google Analytics untuk menyambungkan OpenCart Anda dengan account Google Analytics Anda.

Jalan keluar Shopping Cart dengan Fitur Tambahan Yang lain

Bukan hanya sejumlah fitur di atas, OpenCart tawarkan beberapa feature tambahan yang bermanfaat untuk pemilik toko online misalnya:

  • Mengatur beberapa toko di interface admin yang serupa
  • Mendukung pembayaran secara recurring lewat PayPal
  • Tracking sistem afiliasi
  • Built-in Newsletter
  • Feed product custom
  • Dan ada banyak kembali

Extension OpenCart

Seperti umumnya shopping cart open source, OpenCart mempunyai mekanisme extension mereka. Anda dapat memakainya untuk menambah feature baru ke toko online Anda. Ada beberapa ribu extensions program OpenCart yang ada online untuk bermacam aktivitas misalnya:

  • Plugin pembayaran
  • Integrasi pengangkutan
  • Tools pemasaran
  • Extensions performnce dan optimasi
  • Memperbaiki management produk dan order
  • Dan ada banyak kembali

Sejumlah fitur OpenCart sesungguhnya telah cukup buat buka toko onlne, tapi dengan bertumbuhnya toko online Anda, Anda kemungkinan memerlukan beberapa extensions. Extensions ini dapat menolong Anda untuk:

  • Mengimport dan ekspor daftar produk dan data pesanan
  • Meningkatkan performnce toko Anda dan optimisasi SEO
  • Menjalankan campaign pemasaran dan promo Anda dengan OpenCart
  • Membuat laporan yang lebih komplet dan analytics yang lebih dalam

Disamping itu, bila Anda ingin memakai gateway pembayaran atau shipping lainnya, kemungkinan Anda akan memerlukan extension dari faksi ke-3 .

Jika Anda ingin download extensions OpenCart, Anda dapat mendapati banyak extensionnya di internet. Tapi jika Anda memprioritaskan keamanan, Anda dianjurkan untuk download atau beli extensions dari OpenCart Marketplace sah. Di sini, Anda dapat cari extensions lebih gampang.

Disamping itu, Anda bisa juga membaca ulasan dari konsumen lain saat sebelum pilih. Anda bisa juga minta kembalikan bila Anda tidak senang dengan extensions yang Anda tentukan dari OpenCart marketplace.

Apa OpenCart Opsi yang Pas untuk Anda?

Dengan adanya banyak jalan keluar shopping cart di luaran sana, kemungkinan Anda bertanya apa OpenCart ialah opsi yang pas untuk toko online Anda.

OpenCart menjadi opsi yang pas bila:

  • Anda ingin membuat toko online Anda dengan anggaran yang tambah murah
  • Anda mempunyai ketrampilan tehnis basic atau mempunyai developer di tim Anda karena ini akan mempermudah pemakaian OpenCart
  • Kalian tidak jadi masalah dengan cari jalan keluar online bila memerlukan kontribusi
  • Anda cuman membuat toko online dan tidak mengganti web Anda jadi lebih dari e-commerce

Sayang, Anda kemungkinan lebih bagus cari jalan keluar yang lain bila Anda:

  • Ingin buka toko online tanpa pakai repot mengurusi detil tehnis
  • Ingin membuat toko online bertaraf besar
  • Apabila ngin membuat toko online yang tidak memerlukan pemeliharaan yang banyak
  • Ingin membuat toko online sebagai sisi dari web Anda yang mempunyai menu lain seperti website

Simpulan

Jika mengulas jalan keluar shopping cart open source, OpenCart ialah opsi yang bagus. OpenCart telah ada untuk sekian tahun dan sering dipakai orang.

Karena teknisnya simpel dan harga dapat dijangkau, OpenCart sering dipakai oleh developer dan pemilik toko online di penjuru dunia. Jadi OpenCart akan ada dalam kurun waktu dekat. Tidak ada kelirunya Anda coba dan menyaksikan apa ini pas untuk Anda. Mudah-mudahan artikel ini menolong!